Tempat Segala Ilmu Hacking dan Komputer dari A-Z

Search

CARA JADI PROGRAMMER SUKSES !!


Segala pekerjaan itu pasti bisa jadi sukses! Termasuk programmer. Memang saya banyak mendengar ada beberapa orang lulusan TI tapi malah buka warung makan, malah bekerja di lain bidangnya. Saya sendiri juga tidak tau apa penyebabnya. Nah yang akan saya bahas disini adalah bagaimana cara agar jadi programmer yang sukses!
Programmer adalah pekerjaan yang memang sulit bagi orang yang tidak terbiasa berpikir. Karena memang pekerjaanya hanya berpikir2 terus hingga masalahnya selesai. Memang jika sudah terbiasa kita akan otomatis menerapkan pola2 berpikir itu didalam kehidupan sehari-hari. Saya sendiri yang sedang belajar pun juga terkadang capek mikirin program yang gak beres2. Tapi ingat semuanya pasti ada jalan keluar sehingga saat kita tidak menyerah, kita pasti akan bisa melakukan apapun.
Jadi apa yang bikin sukses programmer ? seperti Bill Gates contohnya..Ini dia!

1. Pantang Menyerah
Segala masalah itu PASTI ada solusinya. Apapun masalahnya, jika kita berpikir keras, pasti kita akan menyelesaikannya dengan mudah. Sama seperti saat kita menjadi programmer dimana banyak sekali masalah-masalah yang bermunculan seperti error di program, overflow, atau bahkan program berjalan terlalu lambat, atau anda bingung cara mengecilkan kompleksitas codenya. Jangan panik, anda pasti bisa menyelesaikan semuanya hanya dengan 1 cara yaitu BERPIKIR.

2. Jangan Copy Paste
Kalau menurut saya, saat saya belajar algoritma saya gak pernah copas. Pernah tapi saya gak yakin kodenya itu bener ato gak, saya justru lebih yakin kalau pake code saya sendiri kecuali kalau memang bener2 work baru saya pelajari. Jadi kalau anda kerjaannya hanya copas itu sama saja anda hanya tidak mau ngerti kode apa itu. Oke kalau emang kodenya terlalu panjang silahkan copy paste lalu coba di compile, kalau emang berhasil coba pelajari alur kode itu lalu buat lagi program buatan anda dengan konsep algoritma yang sama. Ini akan melatih logika anda dan kemampuan anda dalam programming!

3. Jangan Takut Berimajinasi !
Kalau anda hanya bisa meniru program orang lain, maka itu tidak akan membuat anda hebat, mungkin itu hanya akan melatih kemampuan anda dalam programming. Tapi disamping logika dan kemampuan anda, anda juga perlu berimajinasi, karena anda akan membayangkan suatu program yang belum pernah ada di dunia ini. Kunci dari kesuksesan anda jadi programmer adalah berimajinasilah dahulu agar anda bisa merancang suatu program yang memang belum pernah orang temukan. Contoh saja, bagaimana anda menciptakan sebuah program online, dimana semuanya itu tanpa membutuhkan kuota internet. Mustahilkah ? memang anda langsung berpikir itu tidak mungkin, Tapi semuanya itu ternyata mungkin, Indos*t sekarang telah meluncurkan internet.org dimana kita bisa gratis mengakses facebook tanpa kuota.  Itu hanya salah satunya.
Maka dari itu jangan takut untuk berimajinasi karena itulah kunci pertama KESUKSESAN PROGRAMMER

4. Abaikan Orang Lain !
Fokuslah pada diri anda sendiri! Saat anda sedang membuat program tertentu banyak orang yang akan mengejek anda atua menakut2i anda kalau programnya gak jadi, atau itu gak akan kepake.. Tapi anda jangan dengarkan orang2 seperti itu, karena hanya akan membuat anda tidak PD dalam membuat program anda.. Lalu bagaimana kalau ada orang menyarankan sesuatu yang baik ? mungkin anda harus tetap barhati2 dan melihat dahulu apakah saran itu memang benar2 baik atau tidak.. tetapi juga jangan terlalu diperhatikan sekali, tetaplah fokus pada tujuan anda.. Kalaupun anda melewatkan saran yang baik, nanti suatu saat anda pasti akan sadar sendiri, jadi tidak perlu dikuatirkan..

5. Jangan Sombong
Saat kita sudah agak sedikit sukses, kita biasanya akan menyombongkan diri dan pamer dan meremehkan orang lain. Oke meremehkan orang lain boleh, asal anda juga memberi saran yang baik. Meremehkan orang lain itu lebih baik daripada anda meremehkan diri sendiri itu sudah pasti anda tidak akan berhasil 100%. Jadi walaupun anda tidak meremehkan diri sendiri, tapi anda juga harus merendahkan hati anda agar anda tidak sombong sehingga anda tetap bisa fokus pada apa yang anda buat sehingga bisa terus berkembang. Seorang programmer memang harus rendah hati karena bagaimanapun juga kecerdasan yang anda punya untuk membuat sebuah program itu juga hasil dari anda belajar.

6. Tetap Ingat TUHAN
Walau anda sudah sukses dan memiliki perusahaan besar, ingatlah bahwa kecerdasan anda itu dari Tuhan sehingga jangan menyombongkan diri, suatu saat jika anda benar2 sombong dan mengabaikan Tuhan maka anda benar2 bisa dibuat jadi GAGAL dan sungguh2 GAGAL. Maka dari itu tetaplah bersyukur dan menjalankan ibadahnya menurut agama masing2.


Jadi cukup dengan 6 hal diatas, anda pasti sukses jadi programmer yang hebat !

Labels: Programming

Thanks for reading CARA JADI PROGRAMMER SUKSES !!. Please share...!

0 Comment for "CARA JADI PROGRAMMER SUKSES !!"

Back To Top