Tempat Segala Ilmu Hacking dan Komputer dari A-Z

Search

Cara Browsing Tanpa Merasakan Lag Pada Browser !


Cara Browsing Tanpa Merasakan Lag Pada Browser !
Cara Browsing Tanpa Merasakan Lag Pada Browser !

           Pemakaian internet semakin merajalela. Dari mulai akdemisi hingga pebisnis, dari petani hingga pelaut, dari rakyat hingga pemerintah menggunakan internet untuk kebutuhan masing-masing. Bagaimana tidak? Semua pertanyaan, berita, sepak bola, kriminalitas, pengetahuan, bursa saham, perkiraan cuaca, teknologi, hiburan mesin pencari Google bisa mendapatkannya. Hal ini tentu saja akan semakin membantu pengguna utuk mengetahui banyak hal dalam satu alat saja, smartphone/pc. Keadaan ini juga membuat pengguna merasa nyaman dan terus menerus menggunakannya.
       Browser chrome dan firefox merupakan dua aplikasi dengan pengguna terbanyak. Akses yang cepat sangat dibutuhkan oleh banyak orang. mobilitas yang tinggi menuntut semua orang bekerja lebih cepat, maksimal dan dengan halsil berkali-kali lipat. Untuk itu perlu dilakukan peningkatan kecepatan browser Chrome dan Firefox untuk mencapai semua itu. Namun ternyata hanya sebagian orang saja yang mengetahui cara mempercepat kecepatan browser Chrome dan Firefox. Simak ulasan berikut jika kamu juga dituntut melakukan banyak hal.

Cara meningkatkan kecepatan  Mozilla Firefox   

Semua pengguna internet tentu pernah menggunakan Mozilla Firefox. Karena itu banyak yang memiliki keluhan dengan Mozilla Firefox yang dianggap kurang cepat. Setiap keluhan tentu memiliki solusi yang bisa dilakukan. Berikut kami berikan trik untuk mempercepat Mozilla Firefox kamu. Simak ya..

1.   Tweak complex settings

a.    Buka aplikasi Mozilla Firefox kamu, kemudian ketik “about:config” di address bar dan klik Enter
Kemudian akan muncul peringatan, maka abaikan saja dengan mengklik I’ll be careful, I promise button.
b.    Scroll ke bawah dan cari “network.http.pipelining” kemudian atur menjadi “True” (klik kanan kemudian pilih Toggle atau bisa dilakukan dengan mengklik 2 kali)
Setelah di klik Toggle berubah menjadi “true” 
c.    Cari “network.http.proxy.pipelining” dan atur menjadi “True” (klik kanan kemudian pilih Toggle atau bisa dilakukan dengan mengklik 2 kali)
Kemudian setelah di klik Toggle berubah menjadi “True”
d.   Kemudian kamu cari “network.http.pipelining.maxrequests‘ dan atur menjadi “20” (klik 2 kali maka akan muncul kotak suara, kemudian ketikkan “20”)
e.    Klik kanan dimana saja, kemudian pilih New –> Integer ,
Setelah kamu mengklik Integer, maka akan muncul kotak dialog seperti berikut ini kemudian beri nama dengan “nglayout.initialpaint.delay”. kemudian klik OK.
Setelah kamu klik ok, maka akan muncul kotak dialog di bawah ini (Enter Integer Value) secara otomatis, dan atur value menjadi “0. Value merupakan waktu tunggu firefox sebelum menampilkan informasi yang dicari.
f.     Dan terakhir restart aplikasi Mozilla Firefox kamu dan kamu akan mendapatkan browser dengan tampilan lebih prima.

2.   Ubah Adobe Flash plugin ke Click-to-play

Terkadang kurang maksimalnya Mozilla Firefox kamu dikarenakan plugin Adobe Flash secara otomatis memuat elemen flash di Halaman Web. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada Mozilla Firefox anda namun juga berpengaruh pada beratnya biaya data yang kamu tanggung. Untuk itu kamu perlu mengganti Adobe Flash Plugin menjadi Click to Play dengan cara seperti dibawah ini.
a.    Buka tab baru pada browser kamu kemudian pilih Tools >> Add Ons
Kemudian klik Plugin dan akan muncul daftar plugin yang diinstal pada browser kamu termasuk Flash Shockwave.
b.     Klik menu drop-down di sebelah Shockwave Flash, kemudian ubah Always activate menjadi ask to activated
            Penggunaan Shockwave Flash menjadi Ask to Activate menjadikan Adobe Flash Plugin menjadi klik-to-play. Hal ini akan meningkatkan performa Mozilla Firefox kamu. Selain itu kamu juga bisa menonaktifkan Adobe Flash secara permanen dengan mengklik Never Active.

Cara mempercepat Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu aplikasi / software yang banyak digunakan para pecinta internet di indonesia bukan hanya di indonesia, google chrome juga masuk kategori terbanyak pemakainya di dunia, karena google chrome tidak banyak memakai ruang penyimpanan di harddisk atau pun ssd milik kamu. Jadi pilihan para pecinta internet banyak yang jatuh pada google chrome. Tetapi meski yang memakai software ini cukup banyak, ada juga beberapa yang kurang puas dengan perform google chrome.
Kami punya tips beberapa cara agar google chrome milik kamu berjalan dengan cepat.
Langkah-langkah yang pertama ikuti ya?

a.       Tutup secara manual

Proses yang berjalan di latar belakang sering membuat software google chrome mu berjalan lambat. Jadi tutup tab yang tidak perlu. Taktik cepat untuk menghapus tab-tab yang berjalan di latar belakang adalah dengan menekan kombinasi tombol di keyboard CTRL+ALT+Delete

b.      Hapus ekstensi yang tidak digunakan

Kebiasaan kita adalah tidak mau terlalu ribet dengan membuka dari awal google chrome, jadi kita lebih sering memakai ekstensi yang berjalan sepanjang waktu, karena dengan sekali klik kita dapat langsung masuk pada ekstensi yang kita mau. Padahal ekstensi semacam itu membuat google chrome berjalan lambat. Jadi biasakan mengurai ekstensi yang berjalan sepanjang waktu, atau hapus ketika ekstensi itu benar- benar tidak kamu gunakan.

c.       Pasang ekstensi one tab atau the great suspender

Setiap individu mempunyai kebiasaan yang berbeda – beda, ada yang tidak suka apabila layar latar belakang penuh, tetapi ada pula yang menyukai apabila layar latar belakang penuh, kenapa? Karena mereka beranggapan akan lebih mudah dan cepat untuk atau bisa dikatakan cara cepat untuk mengganti tabulasi yang di inginkan. Padahal kebiasaan seperti itu membuat software google chrome anda berjalan lambat, untuk mengatasinya kita menemukan dua cara, yang pertama adalah pasang ekstensi one tab, apa sih one tab itu?. One tab itu dapat memungkinkan kamu menutup setiap tab yang terbuka sekali klik, dan mengubahnya ke dalam daftar sebagai gantinya. Jika kamu perlu mengakses tab tersebut, kamu dapat mengembalikan semua tab sekaligus atau secara individu dengan meng klik pada link masing –masing. Kamu juga dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor tab sebagai daftar url. Tergantung pada berapa banyak tab yang sedang berjalan, dan berapa banyak skrip yang berjalan di dalam tab, memindahkan semua tab ke one tab, bisa menjadi cara mempercepat google chrome yang paling signifikan.
Yang kedua adalah the great suspender cara kerjanya adalah menangguhkan tab yang tidak digunakan untuk sementara waktu, membebaskan memori dan cpu yang digunakan oleh tab yang tidak digunakan, kamu juga bisa mengembalikan tab ketika kamu kembali meng klik. Selain itu kamu juga bisa mengkonfigurasi berapa lama waktu menunggu sebelum tab di tangguhkan. Jadi bagi kalian para pengguna yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan membuka banyak tab, solusi di atas cukup berguna bagi kalian, gimana mau mencoba?.

d.      Aktifkan data server

Koneksi internet kamu lemot? Ini saatnya kamu harus aktifkan data sever, karena hal ini dapat mengurangi penggunaan data secara signifikan, cara kerjanya, hal yang kamu kunjungi akan di kompres oleh google chrome sebelum pada akhirnya kamu mengunduhnya, namun data sever ini tidak bisa digunakan untuk koneksi pribadi (https) atau di tab penyamaran sehingga tetap tidak bisa dioptimalkan.

e.       Hapus cache dan gunakan tema bawaan

History provider cache merupakan hasil penyimpanan sementara aplikasi yang sudah dan sedang kamu gunakan. Cache ini mempercepat pembukaan aplikasi kembali yang kamu  inginkan. Hanya saja jika dibiarkan terlalu menumpuk maka akan menyebabkan lemot, untuk itu kamu bisa menghapus, history provider cache jika diperlukan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan tema bawaan bukan menggunakan tema custom. Karena hal itu hanya akan menghabiskan sumber daya sistem.
Jadi itulah beberapa cara agar google chrome yang kamu pakai tidak lemot. Jadi kalian tidak perlu memakai banyak aplikasi percepat google chrome, apabila ada cara lain yang lebih sederhana dan gampang untuk coba kamu lakukan.
Itulah beberapa cara agar google chrome dan mozila firefox yang kamu miliki tidak lemot. Jika kamu merasa tetap lemot, maka kamu perlu melihat koneksi internet kamu apakah cukup memadai untuk kamu gunakan browsing. Selain itu instal kurang perlu dilakukan untuk terus mengupdate peramban yang kamu miliki. Semoga ulasan yang kami buat bisa membantu kalian untuk mengoptimalkan performa peramban kalian.



Labels: Info, Software, Tips dan Trik

Thanks for reading Cara Browsing Tanpa Merasakan Lag Pada Browser !. Please share...!

0 Comment for "Cara Browsing Tanpa Merasakan Lag Pada Browser !"

Back To Top