Tempat Segala Ilmu Hacking dan Komputer dari A-Z

Search

Cara Cepat Menangani Android Yang Panas


Cara Cepat Menangani Android Yang Panas
Cara Cepat Menangani Android Yang Panas

Kemajuan teknologi membuat kita lebih memanfaatkan smartphone untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Karena tidak bisa dipungkiri, smartphone lebih memudahkan kita untuk melakukan kegiatan dalam satu waktu. Sehingga smartphone menjadi benda yang paling penting. Hal ini tentu tidak mengherankan lagi. Mengingat smartphone dapat digunakan dari mulai menghubungi keluarga, berjualan, hingga mengontrol asupan kalori dan menghitung langkah. Dari mulai pendidikan anak hingga permainan game semua tersedia dalam satu benda bernama smartphone. Android merupakan salah satu penyedia perangkat lunak yang paling sering dipakai.

Namun, bagaimana jika smartphone android kamu cepat panas? 


Hal ini sebenarnya merupakan hal yang wajar, mengingat di jaman yang serba teknologi ini smartphone tidak hanya digunakan untuk telpon dan sms saja, banyak aplikasi-aplikasi keren dan unik lain yang dapat kamu temukan. Saat kamu menggunakannya untuk bermain game online, menonton video, browsing, video call dll, maka  daya baterai akan digunakan lebih cepat. Selain itu, perangkat keras android seperti RAM, CPU dan lainnya juga bekerja. Hal ini akan menyebabkan android kamu lebih cepat panas. Android murah ataupun mahal sama-sama pernah mengalami kelebihan panas. Karena panas yang terjadi lebih disebabkan karena penggunaan yang terus menerus. Namun karena spesifikasi android murah lebih rendah, maka seringkali banyak keluhan lebih cepat panas.

Meskipun android yang panas merupakan hal yang wajar, bukan berarti kamu boleh mendiamkannya saja. Karena hal ini akan memicu panas yang berlebih dan akhirnya meledak. Masih ingat kasus-kasus meledaknya hp kan? Penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi android yang cepat panas dengan menyimak langkah-langkah yang dapat ditempuh seperti di bawah ini. Bagi pengguna IOS windows dan Iphone juga bisa mempraktekkan karena smartphone yang panas tidak hanya terjadi pada android.

  Virus atau malware

Virus atau malware menjadi salah satu penyebab hp kamu lebih cepat panas. Karena virus ini akan menyerang aplikasi yang ada di hp kamu sehingga menyebabkannya berjalan tidak optimal dan harus bekerja lebih keras. Tindakan yang bisa kamu lakukan adalah meng-install aplikasi anti virus. Kamu bisa melakukan pembasmian virus secara berkala dari hp kamu. Namun perlu juga diketahui bahwasanya beberapa aplikasi anti virus ada yang malah menyebabkan lemot. Sehingga kamu perlu melakukan referensi untuk mendapatkan anti virus sesuai dengan yang kamu harapkan. Alih-alih mendapatkan aplikasi yang bagus malah mendapatkan yang semakin memperparah. Tentu menyebalkan bukan??


     Banyaknya aplikasi yang terbuka di layar belakang

Bermacamnya kegunaan android menyebabkan kita tergiur mengunduh berbagai aplikasi yang menunjang kehidupan sehari-hari. Tentu saja ini sah-sah saja dan tidak mengapa asalkan kapasitas android kita mencukupi. Hanya saja jika aplikasi ini dibuka dalam satu waktu tanpa menghapus jejak (recent), maka android kamu akan menjadi lebih cepat panas. Karena aplikasi yang masih terbuka di layar belakang akan terus berjalan dan menyebabkan android bekerja lebih keras. Selain itu saat kamu membuka banyak tab dalam browser, maka hal yang sama juga akan terjadi.


Ada baiknya untuk menghapus jejak (recent) dari aplikasi dan tab yang kamu buka. Meskipun tentu saja recent ini akan membuat kamu lebih cepat membuka aplikasi dan tab yang kamu inginkan. Namun jika itu dapat mengurangi kinerja android kamu, kenapa nggak kan?

        Baterai

Android yang sering dipakai akan mempengaruhi kualitas baterai yang ada. Apalagi jika android sering dipakai bersamaan dengan men-charger  tentu lebih usang lagi. Mobilitas yang tinggi seringkali membuat kita melupakan hal yang satu ini. Padahal penggunaan hp bersamaan dengan di charger akan menyebabkan hp lebih cepat panas dan tidak nyaman digunakan. Ada baiknya untuk mematikan android kamu saat men-charger untuk menghentikan berjalannya aplikasi lain. Selain tidak cepat panas, android kamu juga lebih cepat terisi. Selain itu letakkan di atas tempat yang menimbulkan hawa sejuk untuk android kamu. Seperti di atas lantai, atau di atas marmer.


Jika yang menjadi masalah adalah baterai yang sudah rusak karena penggunaanya yang salah, sehingga perlu di  charger berulang kali, Maka solusi yang paling jitu hanyalah mengganti baterai anda dengan baterai yang berkualitas dan ori agar tidak terjadi kerusakan yang sama. Tanda bahwa baterai kamu telah rusak adalah baterai menggelembung dan keluar cairan dari baterai. Hal ini tentu berbahaya bagi android dan bagi dirimu sendiri.

     Sinyal yang buruk

Jaman sudah modern tapi sinyal tidak masuk ke hp? Hal ini masih sering terjadi bukan? jika bukan karena spesifikasi hp kamu yang rendah (karena tidak bisa dipungkiri, hp dengan harga mahal spesifikasi memadai akan lebih kuat menangkap sinyal) atau kartu provider kamu yang memiliki jangkauan kurang luas. Namun yang jelas, sinyal yang lemah menyebabkan hp kamu lebih cepat panas. Ada baiknya untuk mematikan saja paket data yang kamu gunakan. Karena seringkali hanya sinyal internet saja yang lemah.


Penggunaan wifi diluar jangkauan juga menyebabkan hal yang sama. Untuk itu jika jangkauan wifi sudah lemah, maka lebih baik matikan saja. Karena perangkat android kamu akan terus melakukan scan konektivitas wifi.


   Kondisi di sekitar android


Panas yang terjadi pada android kamu tidak hanya berasal dari dalam android saja. Namun juga dari kondisi suhu sekitar android. Jika kamu menggunakan aplikasi yang membutuhkan koneksi terus-menerus seperti GPS untuk penunjuk jalan msalnya, maka ada baiknya untuk menggunakan ring case agar tangan tidak selalu menempel ke android. Karena suhu tangan kamu yang panas, dapat menyebabkan android kamu menjadi cepat panas.

Android yang diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara kurang memadai seperti tas, celana ketat, dompet dll. juga dapat menjadi cepat panas. Keluarkan android kamu, agar mendapatkan udara yang sejuk. Bahkan kamu juga bisa gerah kan kalo sirkulasi udaranya kurang?

Selain itu dua kondisi itu, smartphone akan lebih cepat panas jika diletakkan di sebelah benda-benda yang dapat menimbulkan panas seperti oven, televisi, blower dll. Karena akan terjadi radiasi panas yang terjadi pada android kamu. Jauhkan android dari segala macam benda penimbul panas. Kemudian letakkan di tempat yang sejuk.

     Penggunaan casing tambahan

Beragamnya keunikan casing tambahan yang tersedia untuk android menyebabkan kita seringkali terlena untuk “membebat” android kita. Tentu saja ini menjadi kesenangan pribadi bagi kamu kan? Apalagi jika casing tambahan ini berbentuk karakter-karakter unik yang kamu suka.


Namun sadarkah kamu jika hal ini menyebabkan android lebih cepat panas? Penggunaan yang terus-menerus, aplikasi yang dibuka banyak, sinyal yang tidak terjangkau, ditambah dengan penggunaan casing tambahan yang semakin menghambat sirkulasi udara android kamu semakin menambah daftar penyebab cepat panasanya android kamu.  Maka lebih baik lepas untuk sementara waktu hingga android kamu kembali sejuk, kemudian bisa dipasang kembali.

Berbagai macam penyebab panasnya android kamu lebih karena disebabkan penggunaan yang melebihi kapasitas dan terus-menerus. Namun hal ini tetap tidak bisa dihindari mengingat banyaknya hal yang dapat dilakukan dengan android. Tindakan solusi yang telah dijabarkan di atas, semoga dapat membantu kamu untuk mengatasi android kamu yang cepat panas ya.  Jangan lupa untuk selalu merestart setiap hari atau mematikannya barang sejenak untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya. Bahkan manusia juga butuh tidur bukan? =D 
Sebagian pengguna android ada yang lebih memilih mengistiraghatkan ponsel melepas casing belakang dan baterai android. Hal ini terbukti efektif dan mudah dilakukan. Namun sekali lagi, ini hanya dilakukan oleh sebagian orang saja. Karena selain semakin banyak android yang menggunakan baterai tanam (sehingga tidak mungkin dilakukan), juga dinilai merupakan tindakan extreme.

Kebanyakan android yang panas, hanya dikarenakan lelah dan tidak kuat saja, sehingga memberi kode dengan munculnya panas. Sehingga tindakan di atas sudah cukup membantu. Namun jika sudah dilakukan tindakan di atas masih tetap panas juga, maka lebih baik untuk menanyakan ke service center  atau counter yang lebih mumpuni untuk menangani kejadian seperti yang kamu alami. Agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah dan merembet ke perangkat yang lainnya.
Labels: Tips dan Trik

Thanks for reading Cara Cepat Menangani Android Yang Panas. Please share...!

0 Comment for "Cara Cepat Menangani Android Yang Panas"

Back To Top