Tempat Segala Ilmu Hacking dan Komputer dari A-Z

Search

Cara Mudah Memperbaiki Blue Screen Pada Windows



Blue screen adalah sebuah pesan error pada sistem operasi yang dikarenakan adanya kegagalan sistem dimana sistem operasi tidak dapat menyelesaikan atau memperbaikinya atau melewatinya.

Blue screen sendiri memang bukan error yang simple, tapi blue screen ini merupakan error yang gampang-gampagn susah untuk diperbaiki. Mengapa ? Karena penyebab blue screen sendiri ada buanyak sekali lho. Jadi tergantung errornya. Contoh ada error blue screen seperti ini :

driver_irql_not_less_or_equal
Nah taukah kamu apa penyebab blue screen disamping kiri ini ? Ya, blue screen ini disebabkan karena ketidakcocokan driver graphic yang digunakan, sehingga terjadi bentrok pada sistem lalu memunculkan blue screen.







Penyebab Blue Screen

1. Deadlock (Apa itu deadlock ? Baca PENJELASAN LENGKAP DEADLOCK DAN CARA MENGATASINYA)
2. Malware
3. Driver
4. Hardware

Nah kali ini saya akan memberikan cara untuk Anda bagaimana cara memperbaiki blue screen PADA UMUMNYA.

1. Coba gunakan system restore

Cara menggunakan system restore cukup mudah. Ikuti langkah berikut :
1. Matikan laptop Anda lalu tunggu beberapa saat lalu hidupkan kembali
2. Tekan F8
3. Lalu pilih safe mode
4. Setelah masuk ke desktop, masuk ke control panel
5. PIlih system dan security
6. Pilih action center
7. Pilih recovery
8. Pilih system restore
9. Lalu next next aja

2. Scan Malware 

Nah malware bisa juga menjadi salah satu penyebab adanya blue screen. Mengapa ? Karena malware memang kerjanya cuman merusak sistem. Jadi jangan heran apabila komputer Anda terkena malware, maka blue screen bisa muncul kapan saja. Nah satu-satunya cara untuk memperbaikinya yaitu dengan scan malware melalui antivirus apa saja.  Cobalah untuk menggunakan antivirus luar negeri karena lebih terjamin keamanannya.

3. Update driver yang cocok

Seperti contoh yang saya berikan diatas. Apabila Anda mengalami blue screen seperti diatas, maka Anda harus memperbaiki driver Anda. Karena driver yang tidak cocok dapat membuat sistem menjadi bentrok sehignga memunculkan blue screen. Memang terkadang sulit untuk mencari driver yang cocok di internet, tapi Anda memang harus sabar dan mencoba-coba driver tersebut. Apabila sudah mencoba update driver yang baru ternyata malah tetap blue screen, maka cobalah driver yang lain, dan seterusnya hingga blue screen tidak lagi terjadi.


Labels: Tips dan Trik, Virus

Thanks for reading Cara Mudah Memperbaiki Blue Screen Pada Windows. Please share...!

0 Comment for "Cara Mudah Memperbaiki Blue Screen Pada Windows"

Back To Top