Tempat Segala Ilmu Hacking dan Komputer dari A-Z

Search

Step By Step Memperbaiki Memori Hardisk Yang Penuh

Step By Step Memperbaiki Memori Hardisk Yang Penuh
Step By Step Memperbaiki Memori Hardisk Yang Penuh

Hard disk / local disk/ drive C penuh? Kamu bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini. Sebelum itu kamu harus tahu bahwa drive C normalnya harus memiliki minimal 30% tempat kosong untuk pagefile.sys. File ini akan membentuk virtual memory swap yang berguna sebagai tempat sementara jika kamu menjalankan program yang membutuhkan RAM besar, sedangkan RAM pada komputermu tidak terlalu besar. Sehingga program kamu tetap bisa dijalankan. Karena itu penting untuk menjaga hard disk kamu agar memiliki tempat kosong minimal 30%. Kenapa harus 30%? Karena pagefile.sys membutuhkan tempat kira-kira 30% dari total RAM kamu.
Nah, sekarang yuk simak cara membersihkan hard disk kamu yang penuh.

1.    Hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan

Seringkali saat instal ulang, kita mendapatkan aplikasi-aplikasi seperti untuk mengedit foto atau game yang sebenarnya tidak terlalu kita perlukan, atau memang kita sendiri yang menginstalnya karena suka atau karena membutuhkannya. Namun ingatlah bahwa dengan menginstal aplikasi yang memakan RAM besar akan membuat penuh hard disk kamu. Karenanya kamu perlu untuk menghapus aplikasi yang memakan RAM besar sedangkan kamu tidak terlalu membutuhkannya.
Kamu bisa melihat aplikasi mana yang memakan RAM besar dengan mengeceknya diSettings app di Start menu, kemudian klik System > Storage > local disk C. Maka dari sini kamu bisa melihat bagian mana yang menghabiskan banyak RAM kamu. Biasanya aplikasi dan game jawaban dari penuhnya hard disk kamu. Karena itu kamu bisa menghapus aplikasi dan game yang tidak kamu perlukan. Toh jika kamu menginginkannya lagi kamu bisa menginstalnya kembali bukan?
Selain itu, kamu juga menghapus aplikasi atau foto secara manual. Semakin lama kamu memakai komputer kamu, maka akan semakin banyak file sampah yang tersimpan di hard disk kamu. Bahkan saat kamu membukanya sekarang, kamu akan terkejut karena tidak teringat pernah menyimpan file tersebut. untuk itu kamu bisa menghapusnya saja. Ingat ya, yang tidak berguna saja. jika kamu mendapati file yang penting kamu bisa memindahkannya ke data D.

2.    Hapus file temporary yang berlebih

Kamu bisa menghapus file temporary yang berlebih dengan dua cara.
a.         Menghapus file temporary dengan menggunakan Run
Kamu bisa menjalankan Run dengan cara mengklik Windows+R. Jika jendela telah muncul, maka ketiklah %temp%. Kemudian tekan Enter atau Oke. Jendela File Explore akan terbuka daan terpampang dengan jelas file sampah yang menghabiskan RAM kamu. Kemudian kamu bisa hapus file sampah tersebut dengan klik kanan > delete file sampah yang diinginkan. Atau bisa dengan menghapus seluruhnya, caranya ctrl+A kemudiandelete.
Berikutnya tekan windows+R lagi pada komputer kamu, kemudian ketik prefetch, biasanya akan muncul kotak suara yang mengharuskan kita memiliki izin untuk membuka folder tersebut. maka kamu tinggal mengklik continue saja.
Selanjutnya kamu bisa menghapus seluruh file yang ada di folder ini dengan ctrl+A >delete.
File- file yang dihapus tadi merupakan file-file temporary (sementara) yang disimpan saat kamu telah atau sedang menggunakan suatu aplikasi. Hal ini berguna untuk mempercepat penggunaan aplikasi  yang kamu gunakan, namun jika terus –menerus dibiarkan, maka akan menumpuk dan membuat hard disk kamu penuh.
b.    Menghapus file temporary dengan menggunakan Clean Up
Clean Up merupakan cara lain untuk menghapus File temporary kamu. Caranya dengan membuka desktop pada komputer kamu atau bisa juga kamu gunakan tombol windows+E. Kemudian klik kanan drive C dan pilih properties, kemudian klik disk Clean Up untuk memulai proses kalkulasinya. Hal ini akan memakan waktu yang sedikit lama, bergantung dari seberapa besar hard disk yang digunakan. Maka tunggu saja dengan sabar ya..=D
Kemudian akan muncul jendela hasil dari kalkulasi hard disk kamu, disitu akan tertera file mana saja yang bisa kamu hapus dan berapa total drive C yang didapatkan setelah kamu melakukan penghapusan file-file sampah tersebut. Beri centang file yang kamu pilih, kemudian klik delete. Setelah penghapusan selesai, maka jendela  akan menutup dengan sendirinya.
Setelah proses penghapusan /clean up selesai, maka kamu bisa membuka disk clean uplagi untuk menghapus file system. Kemudian, seperti sebelumnya tool ini akan mengumpulkan informasi setelah file sampah kamu hapus, dan menampilkan jumlah drive C yang didapat.
Berikutnya kamu bisa meng klik clean up system. Kemudian disk clean up akan kembali mengkalkulasi file system yang bisa kamu hapus. Setelah muncul daftar file sampah system yang bisa kamu hapus beserta jumlah drive C yang akan didapat, beri centang pada file yang ingin kamu ingin hapus. Kemudian klik OK dan klik delete. Meskipun ini file system, namun tidak akan membuat system komputer kamu eror. File ini aman dihapuskan karena hanya file sementara. Penghapusan ini memakan waktu lebih lama daripada semula. Meskipun seperti tidak ada progress, jangan cancel karena sebenarnya penghapusan sedang berjalan. Kamu tunggu saja ya..=D
Penghapusan file sampah temporary, akan memberikan lebih banyak ruang kosong pada drive C kamu. Karena itu, jika drive C kamu penuh, maka efektif melakukan penghapusan file temporary terlebih dahulu untuk mendapatkan ruang kosong.

3.    Hapus atau pindahkan file pribadi yang tersimpan di hard disk / local disk/ drive C

Inilah yang seringkali terjadi dan menjadi kesalahan kamu selaku user. Jika langkah sebelumnya merupakan penghapusan file sampah yang terbentuk saat kamu menjalankan aplikasi. Maka file pribadi merupakan file yang ada karena kamu yang salah meletakkan penyimpanan ototomatis saat melakukan download ke drive C kamu. Sehingga drive C kamu penuh.
Untuk itu kamu bisa cek di download, document, picture atau yang lainnya. Karena terkadang user lupa menyimpan filenya di drive C. Meskipun drive C memiliki folder-folder seperti yang disebutkan sebelumnya, namun janganlah kamu menyimpan file disana jika tidak ingin drive C kamu penuh. Selain itu cek lagi pada penyimpanan otomatis hasil download kamu. Jika masih tersimpan di drive C, maka kamu harus menggantinya. Lagipula ini juga untuk memudahkan kamu mendapatkan file yang kamu inginkan.

4.    Simpan aplikais kamu di Cloud Storage

Jika kamu memiliki banyak file di hard disk, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi Cloud Storage, seperti Google Drive. Kamu bisa menginstal aplikasi Cloud Storage kemudian kamu bisa atur agar file yang kamu simpan bisa secara otomatis ter uploud disana. Kamu juga bisa membuat file- file kamu terstruktur dengan membuat folder- folder di dalamnya. Sehingga kamu tidak perlu bingung dan pusing melihat tumpukan file kamu di Google Drive karena terlalu banyaknya file yang kamu simpan.
Cloud Storage saat ini merupakan cara paling mudah dan aman untuk menyimpan file ataupun aplikasi. Ruang penyimpanannya yang banyak memudahkan kamu menyimpan file yang kamu butuhkan tanpa takut menjadi penuh. Google Drive juga bisa dihubungkan dengan email kamu. Sehingga memudahkan kamu untuk membuka file yang kamu simpan dimanapun kamu berada asalkan ada smartphone atau pc yang tersambung dengan internet. Jadi sekarang bukan zamannya lagi ya, kehilangan file penting karena virus atau karena smartphone/pc kamu hilang (na’udzubillah)
            Itulah ulasan tentang bagaimana cara mengatasi hard disk/ local disc/ drive C yang penuh. Komputer sebenarnya sama dengan smartphone. Ada file-file sampah yang muncul saat kamu menggunakannya. Tentu saja file sampah ini awalnya berguna. Seperti file temporary yang mempermudah dan memperingan file atau aplikasi yang kamu buka. Hanya saja saat file ini menumpuk di hard disk, maka akan menyebabkan hard disk penuh dan akan membuat komputer kamu menjadi lemot.
            Bijak bagi kamu untuk menggunakan komputer sesuai dengan kapasitas dan yang kamu butuhkan. Jangan menginstal aplikasi yang menghabiskan RAM terlalu banyak. aplikasi pembuat video/ video maker dan aplikasi photo editor seringkali memiliki fitur-fitur menarik, namun membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Maka hasil dari aplikasi ini juga besar. Maka tidak hanya drive C kamu yang termakan habis, namun drive D dan C juga akan habis.
            Semoga ulasan di atas membantu kamu ya. Jaga komputer kamu agar awet ya. Karena awet tidaknya suatu benda itu tergantung penggunaan dan pemeliharaan pemiliknya. Bye bye ...
Labels: Tips dan Trik

Thanks for reading Step By Step Memperbaiki Memori Hardisk Yang Penuh. Please share...!

0 Comment for "Step By Step Memperbaiki Memori Hardisk Yang Penuh"

Back To Top